Latest Moments

Beautiful day . . . . . .

Obat mengandung Insulin Manusia : Actrapid - Menanggapi Video Viral dr. Agus (Part 2)

Masih lanjut dengan yang kemarin di postingan Part 1.


Kali ini yang saya bahas obat kedua yang disebutkan. Tulisan ini untuk memperjelas pemahaman agar tidak setengah-setengah. Semoga bisa menambah wawasan dan informasi, agar bisa mengenal obat disekitar anda lebih baik. Maaf menyebut merek, ini hanya guna memberikan klarifikasi atas video sebelumnya yang kita bahas, karena merek ini ada disebutkan.
“Aktrapid – human insulin (manusia yg telah meninggal diambil insulin) dimasukkan dalam tubuh manusia, Bolehkah?”


Informasi :
a. Apa itu Aktrapid ? Aktrapid berisi larutan netral dari monokomponen insulin manusia -> hasill rekayasa genetika manusia ( DNA Bioteknologi rekombinan menggunakan strain S. cerevisiae), dan komponen tambahan seperti seng klorida, m-kresol,air, gliserol, natrium hidroksida dan/ asam klorida. Diperuntukkan bagi pasien Diabetes Militus yang memerlukan insulin. Bagi penderita diabtes yang agak parah terapi yang dianjurkan adalah insulin setelah terapi pola hidup dan obat diabetes (metformin, glibenklamid, dll) jika keduanya kurang berhasil maka langkah terakhir yaitu terapi insulin. Kerja Aktrapid ini Short-acting, karena efek dari obat terjadi cukup cepat, jadi digunakan dalam situasi yang mendesak.

b. Apa sih insulin itu ? Insulin ini adalah hormone alami yang diproduksi oleh pancreas. Pada orang normal, ketika kita makan , pancreas melepaskan hormone insulin yang memungkinkan tubuh mengubah glukosa menjadi energy dan disebarkan ke seluruh tubuh. Hormon yang satu ini juga membantu tubuh menyimpan energy. Insulin membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh, caranya dengan memberi sinyal pada sel lemak, otot dan hati untuk mengambil glukosa dalam darah dan mengubahnya menjadi glikogen( gula otot). Ini merupakan bentuk sumber energy yang disimpan tubuh. Pada penderita Diabetes, insulinnya terganggu mengakibatkan kadar gula dalam darahnya menjadi tinggi akibatnya tubuh tidak mampu memecahkan glukosa menjadi energy.

c. Bagaimana cara memperoleh Aktrapid dan berapa harganya? Aktrapid hanya bisa dibeli menggunakan resep dokter dan obat ini cukup mahal Sehingga karena atas pertimbangan dokter pasti sudah memperhitungkan kebutuhan terapi yang diperlukan pasien dan kemampuan ekonomi si pasien. Jadi tidak sembarangan menggunakan obat ini.

d. Bolehkah insulin manusia yang dimasukkan ke dalam tubuh manusia ? Bukankah ada fatwa mengenai bolehnya transplantasi organ , baik dari yang sudah meninggal ke yang hidup. Apalagi sekedar insulinnya. Berikut fatwa ulama yang membolehkannya insulin manusia Yaitu fatwa dari Hai’ah Kibaril Ulama (Lembaga Pusat Fatwa dan Riset Ilmiah; Kerajaan Arab Saudi)لحكم الشرعي في تداول الإنسولين البشري “hukum berobat dengan human insulin”أنه لا مانع من استعمال الإنسولين المنوه عنه في السؤال لعلاج مرضى السكر بشرطين أولهما : أن تدعو إليه الضرورة .وثانيهما : ألا يوجد بديل يغني عنه ويقوم مقامه Tidak mengapa menggunakan human Insulin untuk mengobati penyakit diabetes dengan syarat: 1.Dibutuhkan karena darurat, 2.Tidak ada obat pengganti yang lainnya


Sumber :
[1] Buku MIMS
[2] Buku ISO Farmakoterapi


0 komentar:

Post a Comment